Create Certificates SSL Mikrotik

Fikri
5
Tekhnik baru nih buat agan-agan yang ingin menggunakan port 443 (Https) jika membuka link hotspot login, artinya user dipaksakan (redirect) ke link SSL pada saat browsing ke internet. hal ini berlaku hanya untuk mengakses User Login. bagusnya kita langsung aja ke TKP....

Buka mikrotik anda dengan winbox biar lebih mudah tentunya,...setelah ini masuk system > Certificates


Selanjutnya tambah baru dengan klik + untuk menambahkan certificates, seperti di bawah ini..


Isi semuanya berdasarkan identitas lokasi kita,untuk Organizaztion isikan seperti yang dicontohkan dan untuk common name isikan dengan IP yang akan anda buat https, seperti yang saya contohkan itu IP yang saya redirect untuk mengarah ke login hotspot.

Langkah selanjutnya memferifikasi certificates....



Pada awal kita membuat ceritificates tidak ada kata KAT sebelum field name, untuk membuatnya kita hanya tinggal klik kanan pada certificates yang kita buat, lalu klik sign lalu klik kembali sign.sehingga kata KAT akan muncul, itu menandakan certificates yang kita buat berhasil...

Nah...selanjutnya saya akan pergunakan certificates itu untuk Hotspot manager..


disini saya pergunakan untuk koneksi hotspot manager, dengan masuk ke server profile > centang Https > SSL Certificates pilih dengan yang kita buat tadi.

dan...........tara...................

Lihat alamat addresnya.

Catatan : Jika agan menggunakan metode ini artinya mikrotik hanya bisa terkoneksi ke browser menggunakan SSL







Post a Comment

5Comments

  1. wah smudah itu gan?
    Oiya nanti ssl nya itu bermsalah ga saat tampil di browser? mksudnya ssl terakui browser atau muncul peringatan kaya ssl self yg kita bikin di cpanel gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah emang gan, engga pake ribet kayak ngulek sambel. Tampilan https nya engg masalah yg jd masalah ketika user akses website http pada saat browsing,karena yg bisa ter redirect hanya website yg link SSL. Begitu jg sebaliknya.

      Delete
  2. ga ada yg bs double gt gan, hehe
    iya jg kalau yg ga pakai ssl, user akses web yg pakai ssl ga ke redirect ke login page hotspot. dan ini yg pakai ssl login page nya malah sebaliknya gt gan?
    sama aja dong kalau gt. hehehe

    tks gan atas infonya..
    salam anak tasik, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih gan klo mau gw saran lebih baik engga usah pake SSL, soalnya Windows 8 dan seterusnya atau Android dsb. Sudah bisa membaca Hotspot mikrotik otomatis, pada saat user masuk Hotspot langsung di alihkan ke page login.

      Sama-sama gan, saling berbagi pengalaman..

      Delete
Post a Comment