Setting Web Proxy On Mikrotik

Fikri
0
Block Situs Tertentu dengan mikrotik
Langkah pertama masuk ke IP > Web Proxy lalu klik setting maka akan muncul dibawah gambar di bawah ini :



Setelah muncul  web proxy setting menu enable kita centang untuk menjalankan proxynya, setelah running kita masukan port yang akan kita gunakan untuk memblock, disini saya menggunakan port 3128 karena port standard ialah 80,8080 dan 3128. Setelah port kita masukan sekarang kita ke cache Administrator, ini berfungsi untuk memberitahu pemblock situs.



Setelah selesai tekan OK, selanjutnya masuk ketahap penginputan daftar nama situs yang akan di block, seperti gambar di bawah ini :




Untuk dst port kita arahkan ke port 80, untuk dst host adalah situs yang akan di block, untuk action kita pilih deny ini menandakan bahwa situs tersebut tidak bisa di acces dan redirect kita arahkan ke port 3128 karena port ini yang kita pakai pada settingan proxy diatas.  Selanjutnya klik OK maka akan terdaftar seperti gambar di bawah ini :





Tahap terakhir kita masuk ke IP > Firewall



 disini kita klik gambar tambah untuk menambahkan pengaturan, untuk chain kita pilih dstnat untuk protocol kita pilih 6 (tcp) untuk dst port kita isi 80, selanjutnya kita masuk ke action. Untuk action kita pilih redirect dan port kita arahkan ke 3128 sesuai setingan web proxy.  Ini berfungsi untuk membaca content yang akan di acces selanjutnya mengirimkan ke web proxy melalui port 3128, jika pada web proxy terdapat daftar web yang akan di acces maka akan di redirect melalui port 3128 agar web yang akan dibuka dikunci. Untuk lebih jelas untuk setting bias dilihat pada gambar dibawah ini :







Selamat mencoba …. ;-)


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)